Ciri-Ciri Baju Batik Berkualitas - Jual Seragam Batik Solo Berkualitas | Kebon Batik
logo-image

Ciri-Ciri Baju Batik Berkualitas

3 tahun yang lalu

Edukasi tentang produk batik harus teruz digencarkan mengingat gempuran produk fashion dari luar negri semakin gencar. Pengetahuan yang benar akan batik, mampu mengikat masyarakat kita untuk lebih cinta dengan produk dalam negri dibandingkan impor.

Ciri- ciri baju batik yang bagus adalah sebagai berikut

1. Kainnya Full Organik

Kain organik itu jika dipakai adem, menyerap keringat, dan sangat cocok untuk iklim dinegara kita. Kebanyakan kain impor yg masuk ke indonesia adalah kain non organik alias polyester. Jika diperhatikan kainnya pasti lebih menarik, tapi dari sisi kenyamanan sangat jauh berbeda.

2. Warna kuat dan tidak luntur

Warna yg bagus membuat batik yg kita miliki bisa kita pakai berkali-kali dan selalu tampak baru.

3. Jahitan rapi dan sanggit

Jika jahitan rapi, dipakai pun nyaman. Nah, yg jarang ditemui di pasar, adalah jahitan sanggit. Sanggit adalah potongan pola batik yang masih terlihat utuh meskipun terpotong jahitan, misal pada bagian kancing kemeja, jika disatukan akan terlihat motifnya utuh dan tidak terpotong. Selain itu sanggit juga berarti presisi kanan dan kiri.

Penjahit batik kudu punya pengetahuan tentang memotong pola. Selain harus bisa sanggit, juga harus ngerti pola mana bagianatas dan mana bagian bawah. Masih sering saya menemui potongan baju yg terbalik.

Contoh baju sanggit adalah pada gambar diatas.

4. Harga Masuk Akal

Tentunya setiap kita mau membeli produk, harga menjadi pertimbangan khusus sebelum memutuskan beli atau tidak. Nah, harga produk yg terlalu murah, bisa jadi kualitasnya jua murahan.

 

Demikian  ciri- ciri baju batik yg berkualitas. Info produk dan jahit, bisa hubungi kontak kami

 

Rahmad Gan Batik



Artikel Terkait