Tips Memilih Batik Berkualitas - Jual Seragam Batik Solo Berkualitas | Kebon Batik
logo-image

Tips Memilih Batik Berkualitas

4 tahun yang lalu

Semakin menjamurnya bisnis batik, khususnya bisnis online batik, membuat para pecinta batik kebingungan dalam memilih batik yang ditawarkan. Dari ragam motif, jenis bahkan yang paling menarik perhatian adalah harga yang bisa dikatakan awut-awutan. Masyarakat dituntut untuk lebih berhati-hati agar mendapatkan batik berkualitas, batik halus, meskipun dibungkus dalam promo batik murah. Harga murah tidak jadi masalah, asal kita paham dengan batik yang ditawarkan.

Kehati-hatian pembeli juga sangat disarankan mengingat batik adalah salah satu bisnis fashion dimana tingkat plagiasinya sangat kuat. Awal mula batik adalah batik tulis. Untuk mengurangi biaya produksi tapi tetap dengan kualitas yang bagus, munculah jenis batik cap. Karena permintaan yang tinggi, sedangkan kapasitas produksi batik tulis dan batik cap sangat terbatas, akhirnya munculah batik print. Batik print pun juga ada dua jenis, batik print manual yang proses pengerjaannya disablon seperti pembuatan kaos, ada juga batik print yang menggunakan mesin cetak digital.

Karena begitu banyaknya jenis batik yang ditawarkan di masyarakat, kita sebagai pembeli harus hati-hati dalam memilah milih batiknya. Adapun beberapa tips dibawah ini yang bisa dijadikan pedoman dalam memilih batik.

  1. Ketahui Jenis Proses Batik yang Ditawarkan.

Pastikan kita mengetahui proses batik yang akan kita beli, batik tulis, batik cap, batik kombinasi, batik print manual atau batik print mesin. Batik yang bagus adalah batik asli yang menggunakan malam/lilin dalam proses pembuatannya.

  1. Ketahui Jenis Kain Batik yang Digunakan.

Meskipun jenis kain yang beredar di pasaran sangat banyak, tapi cara sederhana untuk membedakan jenis kain batik yang bagus atau tidak sangatlah mudah. Pertama, Jika proses pembuatan batiknya dikerjakan dengan manual, kain yang digunakan sudah pasti 100% katun. Kain full katun mempunyai karakteristik yang adem, nyaman dipakai, dan bisa menyerap keringat. Sedangkan, jika prosesnya pembuatan batiknya dengan menggunakan mesin, biasanya kain yang digunakan sudah ada campuran bahan sintetis, misalnya poliester. Karakteristik dari kain ini, sedikit lebih panas bahkan ada yang cukup panas, tidak menyerap keringat, tapi mampu membuat warna batik menjadi sangat menyala dan menarik.

  1. Perhatikan garis motif dan warnanya.

Jika garis motif dan warnanya tembus sampe sisi belakang kain, berarti kualitas batik tersebut bagus dan mempunyai keawetan motif dan warna sangat kuat dan tahan lama. Biasanya jenis yang seperti itu hanya bisa dikerjakan dengan proses tulis atau cap.  Jika perbedaan bagian depan dan belakang terlalu jauh, harap waspada dengan batik tersebut. Biasanya luntur kalo dipake dan cepat pudar. Banyak pelapak yang menawarkan batik tidak sesuai aslinya. Batik print ditawarkan sebagai batik cap atau kombinasi tulis, batik kombinasi ditawarkan sebagai batik full tulis. Jadi, cara sederhananya adalah  lihat bagian depan dan belakang kain batik, jika depan belakang itu sama berarti itu batik asli alias batik tulis/cap/kombinasi. Jika sebaliknya, depan dan bekang tidak sama, berarti itu batik print.

  1. Berhati-hatilah dengan promo batik murah.

Pepatah lama mengatakan "Ono rego ono rupo" dalam bahasa indonesianya, ada harga ada kualitas. Meskipun tidak semua yang murah itu jelek, tapi sebaiknya berhati-hati ketika mendapatkan penawaran batik murah. Carilah batik dengan harga yang masuk akal, murah karena apa, mahal karena apa.

 

Demikian tips dari kami dalam memilih batik, semoga membantu.

 

salam,

Rahmad Budiyanto

Kebon Batik Solo

 



Artikel Terkait